• Kamis, 8 Desember 2022

Jangan Membenci Hari Senin, Ini Keutamaan dan Amalan yang Baik Dikerjakan di Hari Senin, Ini Ulasannya

- Senin, 19 September 2022 | 13:50 WIB
Ilustrasi doa
Ilustrasi doa

koranmemo.com – Sebagian orang  mungkin tidak suka suka dengan hari Senin, namun ternyata dalam Islam hari Senin mempunyai banyak keutamaan, salah satunya adalah hari yang baik untuk bertobat.

Bukan hanya memiliki banyak keutamaan, di hari Senin juga terdapat banyak amalan yang bila kamu kerjakan maka pahalanya bisa berlipat ganda.
 
Jika kamu sudah mengetahui keutamaan dan amalan di hari Senin maka tidak ada lagi alasan untuk tidak menyukai hari Senin, termasuk alasan karena Hari Senin adalah pembuka hari sibuk, 
 
 
Memang banyak orang lebih suka dengan hari Minggu, karena pada hari Minggu mereka memiliki waktu luang untuk bersantai, beristirahat, dan bepergian bersama keluarga.

Namun yang patut diperhatikan adalah keutamaan hari senin yang eman bila tidak dijalankan.

Dihimpun dari buku kumpulan doa silahul mukmin Ponpes Lirboyo Kediri, berikut ini merupakan keutamaan Hari Senin.
 

1. Hari Lahir dan Wafatnya Rasulullah SAW

Hari Senin merupakan hari yang bersejarah bagi umat Islam. Dimana pada hari ini Rasulullah SAW dilahirkan, dan pada hari Senin juga Rasulullah SAW menutup usia.

Dari hadts Abu Qatadah al Anshari  Ra, Rasulullah SAW pernah ditanya oleh seorang sahabat mengenai puasa yang dilakukan pada hari Senin, dan Beliau bersabda, yang artinya :

“Hari tersebut adalah hari dimana kau dilahirkan, dan juga hari diutus atau diturunkannya Al Qur’an kepadaku pada hari tersebut.” ( Hadits Abu Qatadah al Anshari  Ra, riwayat Imam Muslim dalam Shahihnya ( II/819 ) Kitabush Shiyam ).
 
Baca Juga: Doa Agar Lancar Berbicara di Depan Publik, Ini yang Diajarkan Nabi Musa Alaihissalam

2.  Hari Mendapat Pengampunan

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan hari Senin,

“ Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

3.  Hari Untuk Setor Amalan

Dalam sebuah hadits riwayat Muslim, dijelaskan bahwa pada Senin amalan yang telah dikerjakan oleh manusia akan di periksa oleh Allah SWT. Rasulullah  SAW bersabda,

“Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang di antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

4. Hari diturunkannya Al qur’an

Hari Senin merupakan hari yang sangat baik, selain sebagai hari dimana Rasulullah SAW dilahirkan, pada hari ini juga kitab yang dijadikan sebagai hukum utama umat Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad SWA.

“Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al Quran kepadaku pada hari tersebut.” (Ini merupakan bagian dari hadis Abu Qatadah al-Anshari Radhiyallahu anhu yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya (II/819) Kitaabush Shiyaam)

5. Hari Yang Baik Untuk Bertaubat

Dari sahabat Umar ra, Rasulullah SAW bersabda,

وَاحْتَجِمُوا يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالثُّلَاثَاءِ ، فَإِنَّهُ الْيَوْمُ الَّذِي عَافَى اللَّهُ فِيهِ أَيُّوبَ مِنَ الْبَلَاءِ [سنن ابن ماجه: حسنه الألباني]

Artinya, “Berbekamlah pada hari Senin dan Selasa karena sesungguhnya pada hari itu Allah menyembuhkan Ayyub dari penyakit”. [Hadits Ibnu Majah: Hasan]

Selain beberapa keutamaan diatas, ada beberapa amalan yang yang bisa dikerjakan pada hari Senin yang diambil dari buku “ Kumpulan Do’a Silahul Mukmin “ diantaranya,

Sementara itu amalan pada hari Senin yang bisa kita lakukan mulai dari malam Senin, yaitu dengan melaksanakan shalat sunnah 4 rakaat.

Pada rakaat pertama setelah membaca surah al Fatihah dilanjutkan dengan membaca surah al Ikhlas sebanyak 10 kali. Pada rakaat kedua membaca surah al Ikhlas sebanyak 20 kali, pada rakaat ketiga membaca surah al Ikhlas sebanyak 30 kali, dan pada rakaat keempat membaca surah al Ikhlas sebanyak 40 kali. 
 
Semua dilakukan setelah membaca surah al Fatihah. Dan kemudian setelah salam membaca surah al Ikhlas 50 kali dilanjut dengan membaca berikut ini :

أسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ مِنْ كُلِّ ذَنْبِ عَظِيْمٍ لاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبض أِلاَّ اللهَ رَبُّ العَالَمِيْنَ

اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَدء ضَاقَتْ حِيءلَتِي أَدْرِكْنِي يَا رَسُوْلض اللهِ


Semuanya dibaca sebanyak 71 kali.

Kemudian juga ada amalan Sholat Sunnah 2 Rakaat pada Siang Hari Senin.

Disunnahkan pada siang hari Senin melakukan shalat sunnah dengan jumlah 2 rakaat, dan pada setiap rakaatnya membaca surah al Fatihah, dilanjut dengan surah al Ikhlas 1 kali, al Falaq 1 kali, dan an Nas 1 kali. Kemudian salam, dan setelah salam membaca istighfar dan sholawat sebanyak 10 kali.

Dilanjutkan dengan shalat 2 rakaat dan pada setiap rakaatnya setelah membaca surah al Fatihah membaca ayat kursi 1 kali dan setelah salam membaca surah al Ikhlas dan istighfar sebanyak 12 kali.

Itu dia keutamaan dan juga amalan yang bisa dilakukan pada hari Senin. Tentunya perlu adanya istiqomah agar kita senantiasa mendapat manfaat dari setiap apa yang kita kerjakan.***

Penulis :: Siti Ani Sukmawati

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X