5 Rekomendasi Wisata Hidden Gems Jogja yang Jarang Diketahui Orang. Dijamin Bikin Takjub!

- Rabu, 21 September 2022 | 13:47 WIB
Bukit Pengilon salah satu rekomendasi hidden gems di Jogja (Instagram/vin__cloud)
Bukit Pengilon salah satu rekomendasi hidden gems di Jogja (Instagram/vin__cloud)
koranmemo.com - Jogja masih menjadi kota favorit untuk dikunjungi ketika hendak berwisata. Tetapi bagi kamu yang sering berwisata ke kota ini dan ingin mencari suasana baru, kamu perlu mencoba tempat wisata lain yang tak kalah indahnya.

Kali ini akan kami rekomendasikan hidden gems wisata Jogja yang bisa kamu kunjungi, dan pastinya juga tak kalah menarik jika dibanding wisata yang sudah populer lainnya.

Pemata tersembunyi atau hidden gems wisata di Jogja kali ini belum banyak yang tahu dan masih dijamin keasriannya. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.
 
 
Siapa sangka jika Gunung Kidul yang biasanya terkenal akan keindahan pantainya, ternyata menyimpan hidden gems yang belum banyak diketahui orang yakni Air Terjun Luweng Sampang.

Sesuai dengan namanya, air terjun ini terletak di Desa Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Air terjun setinggi 5 meter ini memiliki keunikan tersendiri. Meskipun terbilang tidak terlalu tinggi, yang membuatnya unik adalah di sekelilingnya dihiasi relief batuan kapur mirip seperti Grand Canyon di Arizona.
 
Baca Juga: Banyak Spot Foto Keren di Tempat Wisata Air Terjun Gedangan Nganjuk, Wisata Alam yang Asri dan Instagramable

Indahnya bebatuan berwarna putih di sekeliling air terjun terlihat sangat kontras dengan birunya air. Ditambah batuannya yang terkikis akibat erosi hingga membentuk garis-garis yang unik seakan menambah keindahan tempat wisata ini.

Tiket masuk ke wisata ini tidak dikenakan biaya alias gratis, tetapi kamu perlu membayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

2. Pantai Kalong
 
Pantai Kalong memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan pantai lainnya.
 
Baca Juga: Camping Ground Seru di Air Terjun Telunjuk Banyuwangi, Rasakan Segar Hawa Alam Sesungguhnya

Pasalnya pantai ini memiliki tebing tinggi yang akan berbatasan langsung dengan laut lepas, kamu tidak akan menemukan pasir putih dibibir pantainya.

Pengunjung akan disuguhi wahana kereta dan jembatan gantung untuk dapat menyebrang menuju Pulau Kalong. Dijamin akan menantang adrenalin kamu!

Hampir mirip dengan pantai yang berada di kawasan Nusa Penida, tempat wisata ini juga menyajikan pemandangan pulau yang hijau dan deburan ombak yang tampak eksotis.
 
Baca Juga: Indahnya Pantai Midodaren, Tapi Sayang Tak Punya Akses Jalan Utama

Untuk tiket masuk wisata ini kamu dikenakan biaya sebesar Rp 6.000 saja. Dan jika berminat untuk mencoba kereta gantung, kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 25.000.

Dan lokasinya terletak di Dusun Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

3. Geoforest Watu Payung Turunan
 
Sempat viral sebagai hidden gems Jogja beberapa waktu lalu, Geoforest Watu Payung Turunan menyajikan keindahan alam yang sayang sekali untuk dilewatkan.
 
Baca Juga: Berlibur Low Budget di Pantai Klatak Tulungagung, Salah Satu Destinasi Wisata yang Masih Jarang Dikunjungi

Tempat wisata ini cocok bagi kamu yang senang berburu sunrise dan juga sunset.

Berlokasi di Dusun Turunan, Girisuko, Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta dulunya adalah hutan jati yang tumbuh di tepi jurang yang kini disulap menjadi obyek wisata.

Saat kamu berkunjung disini, kamu juga akan disuguhkan berbagai spot foto menarik. Disana juga tersedia jasa foto yang bisa kamu sewa apabila kamu tertarik.

Untuk menikmati wisata ini, kamu hanya perlu merogoh dompet sebesar Rp 5.000 saja. Dan untuk tambahan biaya parkir, kamu dikenakan sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat.
 
 
Hal yang menarik dari obyek wisata ini adalah airnya yang terdiri dari dua warna yakni putih jernih dan biru tosca.

Air terjun Kedung Pedut berlokasi di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta.

Pengunjung bisa bermain air ataupun berenang disini. Kawasannya yang masih asri dan belum banyak dijamah cocok untuk kamu pertimbangkan sebagai tempat menyegarkan pikiran.
 
Baca Juga: Ini Kawasan Kumuh di Madiun Yang akan Disulap Jadi Pusat Wisata

Tetapi jika musim hujan tiba kamu perlu berhati-hati karena jalanannya yang cukup licin. Karena untuk menuju lokasi kamu perlu mendaki dan menuruni perbukitan ditambah jalannya yang tidak selalu mulus.

Kamu hanya dibanderol sebesar Rp 3.000 saja untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat.

5. Bukit Pengilon
 
Bukit Pengilon terletak di kaki Gunung Batur  yang berbatasan langsung dengan pantai.
 
Baca Juga: Dodol Kentang Khas Kerinci Jambi, Cocok Dijadikan Oleh-oleh Untuk Keluarga dan Kerabat

Dipuncak ketinggian bukit pengunjung bisa menikmati keindahan beberapa pantai sekaligus seperti Pantai Wediombo, Pantai Watu Lumbung, Pantai Banyunibo, dan Pantai Siung.

Areanya yang nyaman karena dikelilingi oleh rerumputan hijau, Bukit Pengilon sering dijadikan area camping ground sembari bersantai menikmati panorama laut yang indah.

Berlokasi di Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul.
 
Baca Juga: Sejarah dan Fakta Alas Lali Jiwo di Gunung Arjuno, Benarkah Setiap Pendaki Akan Tersesat Didalamnya?

Tiket menuju obyek wisata ini juga tidak perlu merogoh kocek cukup dalam karena harganya yang relatif murah. Kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 saja dan ditambah untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk roda empat.

Itulah 5 wisata hidden gems Jogja yang bisa kamu kunjungi saat liburan akhir tahun nanti. Semoga bermanfaat.***
 
 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X