• Jumat, 30 September 2022

5 Fakta Gunung Arjuno yang Ternyata Tidak Selalu Berkaitan dengan Hal Mistis, Calon Pendaki Wajib Tahu!

- Rabu, 21 September 2022 | 20:51 WIB
Simak deretan fakta Gunung Arjuno Malang yang ternyata tidak selalu berkaitan dengan hal mistis dan horor (Intagran/@arjuno.welirang)
Simak deretan fakta Gunung Arjuno Malang yang ternyata tidak selalu berkaitan dengan hal mistis dan horor (Intagran/@arjuno.welirang)

 

koranmemo.com - Saat berbicara tentang Gunung Arjuno banyak yang berpikir selain karena keindahannya juga kental dengan kisah mistisnya. Namun dibalik itu semua ada beberapa fakta mengenai gunung ini yang belum banyak orang tahu.

Fakta-fakta Gunung Arjuno ini bukan hanya berkaitan dengan hal mistis saja, tetapi banyak fakta lain yang seharusnya juga wajib diketahui.

Gunung ini sendiri terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Lalu apa saja sih fakta mengenai Gunung Arjuno ini? Simak rangkumannya di bawah ini.
 
Baca Juga: 10 Tempat Keramat di Gunung Arjuno, Ada Gubuk Hantu hingga Sosok Siluman Ular Naga

1. Gunung tertinggi kedua di Jawa Timur
 
Memiliki ketinggian 3.339 Mdpl, menjadikan Gunung Arjuno dinobatkan sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Timur.

Gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang terakhir kali meletus pada tahun 1952 atau sekitar 70 tahun lalu.

Meskipun demikian bagi kamu para pendaki yang hendak mencoba menaklukan gunung ini, tidak perlu khawatir lantaran saat ini tidak ada aktivitas vulkanik yang terjadi.
 
 
Gunung ini Memiliki sebanyak empat jalur pendakian yakni Jalur Lawang, Jalur Tretes, Jalur Purwosari, dan Jalur Batu.

Hal ini tentu memudahkan pendaki karena setiap pendaki bebas memilih titik startnya.

Dan setiap jalur pasti memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Tetapi meskipun begitu, setelah tiba di puncak kamu akan disuguhkan panorama yang begitu mempesona.
 
 
Selain keindahan puncaknya, kamu juga bisa menikmati berbagai wisata alam lainnya seperti Tretes, Taman Safari Indonesia 2 Atau lebih dikenal dengan Taman Safari Prigen, dan juga Air terjun Kakek Bodo.

Bagi kamu yang tidak ingin mendaki gunung ini namun tetap ingin menikmati keindahan alamnya, kamu bisa mencoba berwisata ke tempat-tempat diatas.

Namun perlu berhati-hati sebab disini juga terkenal dengan salah satu tempatnya yang angker yaitu Pasar Dieng serta Alas Lali Jiwo.
 
 
Banyaknya misteri yang belum terpecahkan hingga kini menjadikan Gunung Arjuno dinobatkan sebagai salah satu gunung paling angker di Indonesia.

Para pendaki biasanya akan merasakan kejadian-kejadian mistis saat mendaki gunung ini. Seperti mendengar alunan gamelan, mencium bau anyir, ataupun hal mistis lainnya.

Misteri-misteri Gunung Arjuno ini juga sudah banyak dibahas di artikel-artikel sebelumnya.
 
 
5. Tidak Memiliki Kawah
Berbeda dengan gunung-gunung lainnya, ternyata gunung ini tidak memiliki kawah loh!

Jika para pendaki sempat menyaksikan gumpalan asap putih itu bukan berasal dari Gunung Arjuno, melainkan dari Gunung Welirang.

Sebab kedua gunung tersebut memiliki lokasi yang berdekatan. Tak heran bila banyak pendaki yang mendaki kedua gunung ini sekaligus.

Demikianlah 5 Fakta Tentang Gunung Arjuno yang bisa jadi belum banyak orang yang tahu. Semoga bermanfaat.***

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X