• Kamis, 6 Oktober 2022

Ada Pulau Cantik dan Eksotis di Provinsi Jambi, Tetapi Diberi Nama Pulau Berhala, Begini Ceritanya

- Kamis, 22 September 2022 | 21:10 WIB
Ada Pulau Cantik dan Eksotis di Provinsi Jambi, Tetapi Diberi Nama Pulau Berhala
Ada Pulau Cantik dan Eksotis di Provinsi Jambi, Tetapi Diberi Nama Pulau Berhala

koranmemo.com – Nama “berhala” tentu terdengar unik dan berbau mistis terkait penyembahan. Tetapi siapa sangka, pulau yang diberi nama pulau berhala adalah sebuah pulau yang cantik dan eksotis yang menjadi destinasi wisata andalan di Provinsi Jambi.

Pulau Berhala berada di Selat Malaka Kepulauan Singkep, Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. pulau kecil ini memiliki pantai berpasir putih yang elok serta keindahan hutan yang masih terawat.

Tidak hanya itu, pulau seluas 2,5 hektar ini juga dihiasi oleh berbagai jenis terumbu karang yang terletak 200 meter dari bibir pantai. Terumbu karang ini pula yang menjadi habitat bagi berbagai spesies binatang disana.

Baca Juga: Reza Arap Selingkuh! Wendy Walters Hebohkan Jagat Raya Twitter: Udah Ga Kuat…

Dilansir dari berbagai sumber, nama Pulau Berhala diambil dari nama raja yang dahulu pernah berkuasa di Jambi. Beliau adalah Ahmad Bairus II yang kemudian dikenal dengan nama Datuk Paduko Berhalo dan dimakamkan di pulau tersebut.

Pulau Berhala juga kerap menjadi tempat destinasi wisatawan yang ingin menikmati suasana yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Untuk memasuki kawasan Pulau Berhala wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya, hanya cukup mengeluarkan biaya untuk menyewa kapal dan biaya trip selama di sana sebesar 560.000/pax. Dan untuk waktu operasional, Pulau Berhala dibuka setiap hari selama 24 jam.

Baca Juga: Misteri Gunung Arjuno, Pendaki Hilang dan Ditemukan dalam Keadaan Linglung?

Agar dapat sampai ke Pulau Berhala, wisatawan harus menggunakan transportasi laut berupa kapal laut atau speedboat. Perjalanan yang ditempuh berkisar antara dua jam dari Nipah Panjang.

Setelah sampai di pintu masuk, anda akan disambut oleh pemandangan elok Pulau Berhala yang memanjakan mata. Wisatawan diwajibkan untuk melapor terlebih dahulu ke pos TNI yang bertugas. Keberadaan pasukan TNI ini pulalah yang membantu menjaga keasrian Pulau Berhala.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X