• Kamis, 6 Oktober 2022

Misteri Goa Onto Boego di Gunung Arjuno, Konon Dihuni Dewa Berwujud Ular Naga Raksasa

- Kamis, 22 September 2022 | 20:58 WIB
Inilah misteri dibalik Goa Onto Boego di Gunung Arjuno, benarkah ditunggu oleh sosok ular naga raksasa? (Instagram/2arjunowelirangofficial)
Inilah misteri dibalik Goa Onto Boego di Gunung Arjuno, benarkah ditunggu oleh sosok ular naga raksasa? (Instagram/2arjunowelirangofficial)

koranmemo.com - Gunung Arjuno memang terkenal akan keindahan alamnya. Namun, tempat ini juga menyimpan sejuta misteri dengan banyaknya petilasan, salah satunya Goa Onto Boego.

Kamu dapat menemukan situs Goa Onto Boego ini di lereng Gunung Arjuno jika mendaki lewat jalur Purwosari, Pasuruan.

Kamu akan menemukan Goa Onto Boego yang berada di Pos 1 dengan ketinggian 1.300 m dpl, bila mendaki Gunung Arjuno dari Desa Tambaksari, via Purwosari.

Baca Juga: Seram! Inilah Kisah Pendaki di Gunung Arjuno yang Hilang Selama 9 Hari: Cari Sumber Air

Di depan situs goa ini terdapat sebuah pondok yang biasa digunakan oleh para pendaki dan peziarah untuk melepas penat. 

Pondok itu berbentuk cungkup dengan arsitektur Jawa yang tampak berdiri megah, altarnya berkeramik yang berada di sisi kiri cungkup berukuran sekitar 6,5×6,5 meter.

Setiap hari Jum’at Legi, khususnya pada bulan Asyuro atau Suro, goa Onto Boego ini banyak di kunjungi oleh peziarah sebagai tempat untuk mencari ketenangan hidup. 

Baca Juga: Misteri Gunung Arjuno, Pendaki Hilang dan Ditemukan dalam Keadaan Linglung?

Kebanyakan mereka membakar hio atau dupa serta menabur bunga tiga warna yang digunakan untuk sesajen sambil berdoa untuk mencari berkah. 

Goa ini memiliki lubang yang sangat sempit dan hanya cukup seukuran tubuh manusia. Namun, jarang sekali orang masuk ke sana karena dikenal sangat keramat.

Halaman:

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X