• Kamis, 8 Desember 2022

Keutamaan Hari Jumat, Salah Satunya Pahala Seperti Berkurban Unta  Jika Datang lebih Awal Saat Sholat Jumat 

- Jumat, 23 September 2022 | 14:27 WIB
Ilustrasi Hari Jumat di Mesjid  (Foto : Pixabay)
Ilustrasi Hari Jumat di Mesjid (Foto : Pixabay)

koranmemo.com - Dalam Islam, hari Jumat merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Hari Jumat juga disebut sayyidul ayyam atau penghulu hari karena mempunyai banyak keutamaan

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Lubabah Al-Badri dijelaskan keutamaan hari Jumat, berikut ini artinya :

"Sayyidul ayyam adalah Hari Jumat, dan ia adalah seagung-agungnya hari bagi Allah, bahkan lebih agung bagi Allah daripada hari raya Fitri dan Adha. Dan pada hari Jumat itu terdapat lima kejadian, yaitu: Allah menciptakan Nabi Adam, Allah menurunkan Nabi Adam ke bumi, Allah mewafatkan Nabi adam, hari Jumat saat yang tidaklah seorang berdoa kepada Allah melainkan dikabulkan selama tidak meminta barang haram, dan pada hari Jumat akan terjadi kiamat. Tidak ada malaikat yang dekat dengan Allah, langit,bumi,angin,gunung-gunung, lautan melainkan semuanya mencintai hari Jumat"(HR. Ahmad Ibnu Majah).
 
Baca Juga: Butuh Menu Lezat dan Kaya Gizi? Cobain Resep Sup Ayam Spesial ala Chef Devina Hermawan, Simpel dan Praktis

Hari Jumat juga hari dimana Umat Muslim berkumpul untuk melaksanakan sholat jumat berjamaah Karena kesibukan terkadang sebagian orang lebih memilih menunda datang ke Masjid lebih awal. 
 
Bahkan sebagian lagi memilih datang ke masjid menunggu Khatib selesai Khotbah. Padahal, datang ke masjid awal waktu untuk melaksanakan shalat Jumat pahalanya sangat besar. 
 
Selain itu juga disebutkan pahalanya seperti berkurban unta. Sebagaimana yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam:

 
”Siapa saja yang berangkat shalat Jumat pada jam pertama, seakan-akan berkurban dengan seekor unta. Siapa saja yang berangkat pada jam kedua, seakan-akan berkurban dengan seekor sapi. Siapa yang berangkat pada jam ketiga, seakan-akan berkurban dengan kambing bertanduk. Siapa yang berangkat pada jam keempat, seakan-akan menghadiahkan seekor ayam jantan. Siapa yang berangkat pada jam kelima, seakan-akan menghadiahkan sebutir telur. Setelah imam keluar, maka catatan amal sudah ditutup, qalam pencatat sudah diangkat, dan para malaikat berkumpul di mimbar untuk mendengarkan dzikir. Siapa saja yang datang setelah itu, maka ia datang hanya untuk memenuhi hal shalat dan tidak mendapatkan keutamaan apa-apa, (HR.Al-Bukhari dan Muslim).

Dengan keutamaan dan keistimewaan datang awal waktu Shalat Jumat, sedekah seharusnya kita tidak menyia-nyiakan momen yang sangat istimewa ini dengan tidak menunda-nunda datang ke masjid untuk melaksanakan shalat jumat.***

Penulis: Malik Ibrahim Saleh 
 
 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X