• Selasa, 6 Desember 2022

Mengenal Rumah Radank, Rumah Adat Suku Dayak Kalimantan, Bisa Menampung 600 Orang

- Sabtu, 24 September 2022 | 09:30 WIB
Rumah Radakng menjadi destinasi wisata budaya utama di Kalimantan Barat  (Dok.kemenparekraf)
Rumah Radakng menjadi destinasi wisata budaya utama di Kalimantan Barat (Dok.kemenparekraf)

koran memo.com -  Rumah radank adalah objek wisata khas Pontianak, pasti tidak asing di telinga kamu. Rumah Radank adalah rumah adat bagi Suku Dayak yang memiliki banyak ciri khas tersendiri, asli dari Kalimantan Barat.

Rumah adat ini memiliki postur bangunan yang memanjang, panjangnya sekitar 138, lebarnya 5 Meter dan tinggi sekitar 7 meter yang dapat menampung sekitar 600 orang.
 
Dihimpun dari berbagai sumber, rumah adat ini memang sengaja dibangun untuk melestarikan adat istiadat yang berada di Pontianak salah satunya suku dayak selain itu juga rumah ini digunakan untuk ruang musyawarah baik untuk pertemuan hingga penentuan berbagai aturan dan nilai adat serta norma adat yang saat ini masih kental di Suku Dayak.
 
Baca Juga: 4 Manfaat Aglonema untuk Kesehatan, Salah Satunya Menghilangkan Stres

Sejak nenek moyang terdahulu, rumah adat ini termasuk rumah adat paling besar di indonesia. Rumah ini juga sekarang menjadi objek wisata khas Pontianak yang sudah diresmikan oleh Walikota Kota Pontianak sendiri.
 
Saat kita memasuki rumah adat ini kita akan terpukau dengan indah dan megahnya rumah ini, dengan desain, interior dan eksteriornya yang membuat anda takjub.
 
Rumah adat dayak ini memiliki ciri khas adat dayak, dengan 6 tiang, di atasnya terdapat burung enggang dan gading yang menjadi simbol kegagahan dan kekuatan bagi Suku Dayak.

Rumah Radank ini sangat terkenal, banyak wisatawan dari lokal maupun mancanegara yang penasaran ingin menyaksikan rumah peninggalan tersebut.
 

Rumah Radank ini juga masih biasa dipakai untuk melaksanakan acara adat bagi Suku Dayak sendiri, acara adat Suku Dayak yang biasa disebut dengan gawai dilaksanakan satu tahun sekali dan ini menjadi daya tarik banyak pengunjung untuk melihat secara langsung acara adat dayak di Rumah Radank.

Jika kamu jalan-jalan ke Pontianak Kalimantan Barat jangan lewatkan mampir ke rumah adat yang satu ini.***
 

 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X