• Rabu, 30 November 2022

Tengok Savana Terluas di Pulau Jawa, Eksotisnya Taman Nasional Baluran yang Pernah Dikunjungi Sherina Munaf

- Senin, 26 September 2022 | 14:01 WIB
Tidak hanya memiliki savana yang luas di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran juga mempunyai beraneka ragam hewan yang sangat menarik hati (Instagram/btn.baluran)
Tidak hanya memiliki savana yang luas di Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran juga mempunyai beraneka ragam hewan yang sangat menarik hati (Instagram/btn.baluran)

koranmemo.com - Taman Nasional Baluran atau yang kerap dijuluki "Africa van Java" merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang letaknya berada wilayah Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia.

Lantas mengapa banyak yang mengatakan Taman Nasional Baluran ini berada di Banyuwangi padahal secara administratif terletak di Situbondo?

Jawabannya adalah karena letak Taman Nasional ini berada di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi. Lokasinya yang lebih dekat ke Banyuwangi daripada Situbondo membuatnya sering dikatakan demikian.

Memiliki luas sekitar 25.000 hektar, Taman Nasional Baluran juga digunakan sebagai tempat konservasi dan penelitian. Nama Baluran sendiri diambil dari nama gunung yang berada di kawasan tersebut yakni Gunung Baluran.
 

Kawasan Taman Nasional ini memiliki savana yang amat luas hampir sepertiga dari luas keseluruhannya, yakni mencapai 10.000 hektar dan merupakan savana terluas di Pulau Jawa yang dinamakan Savana Bekol.

Rerumputan yang terbentang di lahan yang amat luas dengan beberapa pohon yang terlihat memiliki batang yang mekar serta ditambah latar belakang Gunung Baluran yang terlihat jelas, tentu akan membuat siapa saja pengunjungnya berdecak kagum.
 
Sherina Munaf (Instagram/btn.baluran)


Tak heran bila lokasi ini disebut mirip dengan savana di benua Afrika, hingga dijuluki Africa Van Java dan tak heran ada artis yang pernah mengunjungi tempat ini.
 
Salah satu artis tersebut adalah Sherina Munaf, hal yang membuatnya mengunjungi tempat ini selain savana karena banyak beraneka hewan yang berkeliaran di sana seperti banteng, kerbau, monyet ekor panjang, hingga rusa.
 
Baca Juga: Umbul Manten Klaten, Wisata Sumber Air yang Jernih Saksi Bisu Hilangnya Sepasang Pengantin

Selain itu, banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi selama disini, mulai dari hutan musim, Evergreen Forest, hingga yang paling terkenal adalah Pantai Bama.
 
Pantai ini berjarak sekitar 3 km dari Savana Bekol. Disepanjang jalan menuju pantai kamu akan disuguhkan pemandangan indah dari kawasan taman nasional ini.

Hamparan pasir putih dengan air yang jernih akan menyambut kamu setibanya di lokasi.

Berbagai aktivitas seru juga dapat kamu coba selama di pantai seperti berenang, snorkeling, diving, dan juga wahana perahu.
 
Baca Juga: Dampak Kenaikan Harga BBM, Kunjungan Wisata dan Daya Beli Warga Kota Blitar Menurun

Disediakan pulau tempat penginapan bagi wisatawan yang ingin tinggal lebih lama disini. Mulai dari penginapan yang dekat dengan Pantai Bama ataupun penginapan yang dekat dengan Savana Bekol, semua ada.
 
Harga tiket masuk lokasi taman nasional ini cukup bervariasi, meskipun demikian dijamin tidak akan membuat kantongmu bolong. Berikut rinciannya:
 
Hari biasa (senin-jumat)
 
Harga Tiket
wisatawan lokal : Rp 15.000
wisatawan mancanegara : Rp 150.000
 
 
Tarif parkir 
roda 2 : Rp 5.000,
roda 4 : Rp 10.000.00
roda 6 (bus) : Rp. 50.000
 
Hari libur (sabtu-minggu & libur nasional)
 
Harga Tiket
wisatawan lokal : Rp 17.500
wisatawan mancanegara : Rp 225.000
 
 
Tarif parkir 
roda 2 : Rp 5.000,
roda 4 : Rp 10.000.00
roda 6 (bus) : Rp. 50.000
 
Apakah kamu tertarik mengunjungi wisata Taman Nasional Baluran ini? Semoga informasinya bermanfaat.***
 
Penulis : Greselia Amanda

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X