• Kamis, 8 Desember 2022

Mencetak Santri Melek Teknologi, Yayasan HM Al Mahrusiyah Lirboyo Mendirikan Institut Teknologi Al-Mahrusiyah

- Rabu, 28 September 2022 | 13:43 WIB
Mencetak Santri Melek Teknologi, Yayasan HM Al Mahrusiyah Lirboyo Mendirikan Institut Teknologi Al-Mahrusiyah
Mencetak Santri Melek Teknologi, Yayasan HM Al Mahrusiyah Lirboyo Mendirikan Institut Teknologi Al-Mahrusiyah

koranmemo.com - Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo melaunching perguruan tinggi teknologi yang berbasis pesantren  dengan nama ITAMA (Institut Teknologi Al-Mahrusiyah). Bertempat  di masjid Ponpes Al-Mahrusiyah III Ngampel Mojoroto pada Sabtu (17/9/2022). 

Dengan didirikannya kampus ITAMA  tersebut diharapkan ada wadah bagi para santri HM Al-Mahrusiyah khususnya yang sekolah di MA/SMK HM Al-Mahrusiyah dalam melanjutkan pendidikan secara linier.
 
Sebelumnya, santri yang sekolah di MA/SMK HM Al-Mahrusiyah bingung mau melanjutkan kemana jika sudah lulus. Sebab jurusan mereka berkaitan dengan penguasaan di bidang teknologi di tengah kemajuan zaman yang serba digital.
 
 
Kyai Haji Reza Ahmad Zahid LC.MA yang akrab disapa Gus Reza dalam sambutannya mengutarakan permohonan restu dan doa pada tamu undangan yang hadir atas launching ITAMA.
 
Gus Reza yang tidak lain adalah generasi ke 4 penerus Ponpes di bawah naungan HM Al-Mahrusiyah juga menjelaskan pentingnya penguasaan teknologi oleh santri di zaman yang serba modern ini.
 
Gus Reza juga beranggapan bahwa santri harus mengetahui teknologi dengan catatan tanpa meninggalkan jiwa  kesantriannya. Santri harus melek teknologi sehingga tidak kalah bersaing dengan lulusan perguruan tinggi berbasis teknologi yang berasal dari non santri.
 
 
" Ada seseorang yang bertanya kepada saya, Gus Apa Hubungannya pondok pesantren dengan teknologi ? Kemudian saya menjawab,  setelah santri belajar kitab kuning kemudian kitab putih, perlu untuk belajar teknologi, agar para santri dapat berkontribusi maksimal dalam pembangunan bangsa dan negara" 
 
"Santri harus mampu mengkombinasikan antara ilmu haq yang diaplikasikan dengan keilmuan yang bernuansa teknologi tanpa membuang jiwa kesantriannya, agar nantinya banyak teknokrat-teknokrat jebolan santri.” Jelas Gus Reza.
 
Launching kampus ITAMA tersebut  dikemas sangat keren dengan sesi Touchscreen layar oleh Ibu Nyai Hj. Zakiyatul Miskiyyah, Dr. KH Reza Ahmad Zahid, Lc, M.A, KH. Melvin Zainul Asyiqien, KH. AHS Zamzami Mahrus, KH. An’im Falahuddin Mahrus, KH. Nurul Huda Ahmad, Al Habib Muhammad Al-Jufri, KH. Achmad Chalwani Nawawi dan H. Ahmad Dawami Ragil Saputro. 
 
 
Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video Profil The History Yayasan HM Al-Mahrusiyah, dengan menampilkan beberapa Lembaga di bawah Naungan Yayasan.

Yayasan HM Al-Mahrusiyah dirintis sejak tahun 1987 M. Lembaga pendidikan ini menampung siswa, mahasiswa dan mahasiswi yang belajar dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Tribakti (YPIT). 
 
Pondok pesantren ini sendiri memiliki beberapa lembaga seperti PP Lirboyo HM Al-Mahrusiyah Putra/Putri, Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah, Madrasah Murottilil Qur'an Al-Mahrusiyah, Institut Agama Islam Tribakti (IAIT), Madrasah Aliyah HM Al-Mahrusiyah, Madrasah Tsanawiyah  HM Al-Mahrusiyah, TK Kusuma Mulia Tribakti, Koperasi Pondok Pesantren dan perpustakaan Pondok Pesantren, dan juga yang baru saja di launchingkan pada tanggal 17 september 2022 yaitu yayasan pendidikan Kampus ITAMA (Institut Teknologi Al-Mahrusiyah) yang bertempat di HM Al-Mahrusiyah III Ngampel.

Harapan ke depannya, Institut Teknologi Al-Mahrusiyah Kota Kediri hadir sebagai Lembaga Pendidikan Teknologi berbasis pesantren.  Memiliki prinsip integrasi, interkoneksi, keilmuan, islam, sains dan teknologi
 
Institut Teknologi Al-Mahrusiyah nantinya mewujudkan konsep keterikatan keilmuan agama, sains dan teknologi dengan nuansa tradisi khas pesantren.***

Penulis : Muhammad Ikbal Maulana
 
 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X