Inilah Manfaat dan Keutamaan Membaca Surah An Nas, Salah Satunya untuk Menyembuhkan Rasa Sakit 

- Senin, 3 Oktober 2022 | 10:58 WIB
Berikut manfaat Surah An Nas dan sejumlah keutamaan menurut haditd dan beberapa kitab.
Berikut manfaat Surah An Nas dan sejumlah keutamaan menurut haditd dan beberapa kitab.

 

koranmemeo com -  Sejumlah surah dalam Al Quran mempunyai manfaat dan keutamaan tertentu, salah satunya surah An Nas. Surah ini memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang harus kalian ketahui.

Meski banyak manfaat dan keutamaan membaca surah  An Nas tetapi kebanyakan umat muslim terlalu menggampangkan atau menganggap biasa biasa saja.

Surah An Nas akan melindungi pembacanya dimanapun berada dari gangguan-gangguan serta hal-hal buruk yang akan menimpa kita.
 

Surah An Nas dan Surah Al-Falaq, selalu berdampingan dan memiliki makna yang hampir sama.  Dua surah ini dalam Al Quran disebut Al-Mu'awwidhatan yang artinya, "Sebagai ayat pelindung".

Kata An Nas Sendiri diambil dari surah terakhir di dalam Al-quran yang apabila kita terjemahkan di dalam bahasa indonesia memiiki arti "Manusia", Surah An Nas diturunkan di Kota Makah sehingga masuk kategori surah Makkiyah, jumlah ayat di dalam surah An-Nas hanya 6 ayat saja.

Berikut ini manfaat membaca surah An Nas yang wajib kalian ketahui :
 
Baca Juga: Ada 7 Rempah-rempah, Bila Dicampur Kopi Dapat Meningkatkan Khasiat, Ini Daftarnya

1. Akan terjaga sampai hari kematian

 Salah satu keutamaan dan manfaat ketika kita membaca surah An Nas adalah memperoleh penjagaan diri sampai hari kematian menjemput. (Mafatihul Jinan 479).

2. Menyembuh rasa sakit

Imam Muhammad Al-Baqir pernah berkata, Rasulullah SAW, mengadu karena sakit yang dideritanya, kemudia JIbril pun datang kepadanya, dan Mikail berada di dekat kakinya, kemudian Jibril memohon perlindungan untuknya dengan membaca surah Al-Falaq dan surah An-Nas untuk perlindungan dengan surat tersebut. (Tafsir Nur Tsaqalayn 5/752).
 
Baca Juga: Bakso Urat Viral di Kediri, Bakso Los Dol Pak Muklis Selalu Ramai Pembeli Berkat Bonus yang Berlimpah

3. Untuk ruqyah.

Imam Ja'far Ash-Shadiqi pernah berkata, berkat bahwa"Jibril datang kepada Rasulullah SAW ketika sedang sakit lalu JIbril lah yang meruqiyahnya dengan membaca surah Al-Falaq dan surah AN-Nas, JIbril berkata "Dengan nama Allah aku ruqiyahmu Allah pasti menyembuhkan kamu dari segala penyakit ambillah surah ini niscaya ia akan terjaga dari segala penyakit, (Tafsir Nur Tsaqalayn 5/725).

Demikian sebagian manfaat dan khasiat membaca surah An Nas. Semoga kita dimudahkan untuk istiqomah  dalam membacanya.***
 
Penulis : Angga Prayuda
 
 

 

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X