• Rabu, 30 November 2022

Wisata Selomangleng Kediri,  Terkenal dengan Gua Bernuansa Mistis. Anda Percaya ?

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:47 WIB
Gua Selomangleng di Kediri (Instagram @bonakelana)
Gua Selomangleng di Kediri (Instagram @bonakelana)

koranmemo.com -  Wisata Selomangleng pasti sudah tidak asing lagi bagi wisatawan di Jawa Timur. Tempat wisata yang berlokasi di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri ini terkenal dengan gua yang berada di lereng bukit yang kental dengan aroma mistis.

Gua Selomangleng yang lokasinya  sekitar 3,5 Kilometer dari pusat kota  ini mudah  diakses. Di area wisata juga terdapat fasilitas dan sarana hiburan lainnya seperti kolam renang, museum sejarah, taman bermain anak-anak dan masih banyak lagi.

Wisata yang satu ini memiliki daya tarik yang berbeda dengan wisata lainnya, selain menyuguhkan pemandangan nuansa alam, wisata ini juga sangat terkenal dengan aroma mistis sampai saat ini.

Baca Juga: Misteri Tragedi Kanjuruhan Berdarah, Warga Kerap Dengar Rintihan Dan Jerit Minta Tolong

Sesuai informasi yang berkembang di masyarakat, Gua Selomangleng merupakan tempat pertapaan bagi orang-orang yang masih mempercayai hal-hal mistis pada zaman dahulu. Bahkan sampai saat ini ada juga masyarakat setempat yang masih mempercayai hal tersebut meski sudah tidak ada lagi yang melakoni ritual bertapa di dalam gua.

Wisata Selomangleng ramai dikunjungi wisatawan khususnya wisatawan lokal terutama saat hari minggu atau hari libur. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga senang berwisata di lokasi ini karena banyak wahana bermainnya.

Bagi yang belum pernah berkunjung pasti penasaran dengan Gua dan sejarah yang peninggalan peninggalannya ada di museum di area wisata Selomangleng.

Menurut Pujianto, salah satu penjaga area wisata mengatakan, di momen tertentu, Gua Selomangleng masih digunakan sebagai tempat acara adat. Banyak wisatawan yang berkunjung namun tujuannya berbeda. 
 
 
"yang jelas karena masih dipercaya sebagai tempat yang spesial, yang datang berkunjung ke goa bukan hanya bertujuan untuk mencari hiburan namun juga dengan maksud tertentu," ujar Pujianto, Sabtu (1/10).

Pujianto menjelaskan, gua yang terdapat di area wisata Selomangleng ada tiga,  Gua selomangleng, Gua Padedean dan Gua Selobale. Ketiga gua ini yang sangat terkenal dengan mistis.

"di dalam gua juga terdapat banyak patung-patung yang memiliki ciri khas tersendiri," lanjut Pujianto.  

Wisata Selomangleng banyak diminati wisatawan khususnya hari minggu atau tanggal merah. Kalau hari biasa pengunjungtnya bisa dihitung.
 
Amelia, salah satu pengunjung warga Plosoklaten Kediri mengaku jika berkunjung dengan keluarga ke wisata Selomangleng selalu hari libur.
 
"di waktu weekend selalu rame," ujar Amelia. 
 

Jangan lewatkan untuk mampir ke Wisata Selomangleng bila anda berkunjung ke Kediri.***
 
Penulis : Angga Prayuda

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X