Berikut Ini Jenis dan Lafadz Sholawat yang Bisa Dibaca di Bulan Maulid, Bukti Cinta pada Rasulullah Muhammad

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 11:04 WIB
Ada Banyak Jenis dan Lafadz Sholawat yang Bisa Dibaca di Bulan Maulid, Bukti Cinta pada Rasulullah Muhammad (Pixabay/Mohammad-Sheyriyar-Shah)
Ada Banyak Jenis dan Lafadz Sholawat yang Bisa Dibaca di Bulan Maulid, Bukti Cinta pada Rasulullah Muhammad (Pixabay/Mohammad-Sheyriyar-Shah)

koranmemo.com - Untuk menunjukkan kecintaan pada Rasulullah Muhammad biasanya umat Islam memperbanyak membaca sholawat terutama saat memperingati bulan maulid. Ternyata banyak jenis sholawat yang bisa kita baca.

Membaca sholawat dengan ragam jenis dan lafadznya merupakan salah satu amalan yang dicatat sebagai ibadah kepada Allah sekaligus bukti kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, khususnya di bulan maulid yang merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sholawat dengan ragam jenis dan lafadznya juga merupakan doa. Muslim yang banyak mengamalkan sholawat akan diselamatkan, diampuni dosanya, diangkat derajat, dilimpahi rahmat dan kemuliaan serta mendapatkan syafaat dari Rasulullah Muhammad.

Baca Juga: Asem asem Ikan Patin ala chef Rudy Choirudin, Variasi Masakan Ikan Patin yang Menggugah Selera, Ini Resepnya

Shalawat Nabi yang umumnya dibaca oleh umat muslim adalah Sholawat Ma'tsuroh

Sholawat ini merupakan sholawat yang kalimat, cara membaca dan keutamaannya telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

Artinya : “Ya Allah! Limpahkanlah shalawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya”

Umat Islam disunahkan untuk membaca sholawat guna mendapatkan syafaatnya di hari kiamat kelak. Berikut ini dalilnya :

Nabi Saw bersabda.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X