Bencana Alam Banjir dan Tanah Longsor Melanda, Ini Doa Ketika Mengetahui Orang Lain Terkena Musibah

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 11:56 WIB
Ilustrasi doa, Bencana Alam Banjir dan Tanah Longsor Melanda, ada Doa Ketika Mengetahui Orang Lain Terkena Musibah (PIXABAY/mnega16)
Ilustrasi doa, Bencana Alam Banjir dan Tanah Longsor Melanda, ada Doa Ketika Mengetahui Orang Lain Terkena Musibah (PIXABAY/mnega16)

koranmemo.com - Sejumlah musibah banjir dan tanah longsor menimpa saudara kita di Trenggalek, Blitar, Pacitan dan Malang dalam beberapa hari terakhir. Untuk itu sebagai seorang muslim yang mengetahui ada orang yang tertimpa musibah maka sebaiknya membaca doa agar tidak tertimpa cobaan yang sama.

Membaca doa karena mengetahui ada orang yang tertimpa musibah banjir atau tanah longsor merupakan wujud kepedulian dan empati pada sesama, meski kita tidak kenal dengan orang yang tertimpa musibah tersebut.

Dengan membaca doa setelah mengetahui ada orang yang tertimpa musibah banjir atau tanah longsor, harapannya Allah memberikan kebaikan dan ketabahan pada mereka yang sedang mendapat cobaan.

Baca Juga: Resep Sate Usus Panjang, Gurih dan Kenyal, Hidangan Spesial Bagi yang Suka Menu Jeroan

Lantas bagaimana doa ketika mengetahui ada orang yang tertimpa musibah ? Berikut ini doa yang dilansir dari laman @rumaysho :

Dari Ibnu ‘Umar, dari bapaknya ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ رَأَى صَاحِبَ بَلاَءٍ فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِى عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً إِلاَّ عُوفِىَ مِنْ ذَلِكَ الْبَلاَءِ كَائِنًا مَا كَانَ مَا عَاشَ

Artinya : “Siapa saja yang melihat yang lain tertimpa musibah, lalu ia mengucapkan,

‘Alhamdulillahilladzi ‘aafaani mimmab talaaka bihi, wa faddhalanii ‘ala katsiirim mimman khalaqa tafdhilaa’

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X