3 Misteri Danau Ranu Kumbolo yang Berada di Kawasan Gunung Semeru. Benarkah Ada Jelmaan Ikan Mas?

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 12:42 WIB
Intip kisah misteri dibalik danu Ranu Kumbolo yang berada di kawasan Gunung Semeru, benarkah ada jelmaan ikan mas?  ( instagram @/kijanglawu)
Intip kisah misteri dibalik danu Ranu Kumbolo yang berada di kawasan Gunung Semeru, benarkah ada jelmaan ikan mas? ( instagram @/kijanglawu)

koranmemo.com - Para pendaki yang pernah ke Gunung Semeru pasti sudah tidak asing akan keindahan dari Danau Ranu Kumbolo.

Danau Ranu Kumbolo biasanya digunakan sebagai pemberhentian para pendaki untuk melepas penat. Karena keindahannya rasa lelah setelah mendaki bisa hilang dalam sekejap.

Danau Ranu Kumbolo ini berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan berada di ketinggian 2400 meter di atas permukaan laut.

Namun siapa sangka dibalik keindahan yang ditampilkan, Danau Ranu Kumbolo ternyata juga memiliki beberapa misteri yang belum diketahui kebenarannya.

Baca Juga: Bus Wisata Rombongan SMK PGRI Nganjuk Tabrakan di Tol Jomo, Satu Tewas dan Lainnya Luka Berat

Apa saja misteri-misteri yang belum terpecahkan tersebut? Berikut kami sajikan pembahasannya.

1. Air Danau Dianggap Suci

Air danau disini dianggap suci oleh masyarakat setempat. Sejak ratusan tahun lalu bahkan sampai saat ini pun masyarakat sering menggunakannya untuk ritual suci kepercayaan masyarakat.

Karena dianggap sakral, maka ada beberapa larangan untuk pendaki yang singgah di danau ini, seperti tidak diperkenankan untuk mandi, mencuci, ataupun buang air di danau.

Berenang pun juga tidak diperkenankan, karena selain air disini sakral danau ini juga memiliki kedalaman mencapai 28 meter dengan suhu yang ekstrim.

Halaman:

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X