Melihat Keindahan Jembatan Barelang, Lokasi Wisata di Kota Batam yang Sajikan Pemandangan Biru Laut Lepas

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 18:17 WIB
Healing sejenak dengan melihat laut lepas dan birunya langit di Jembatan Barelang, salah satu wisata di Kota Batam yang murah meriah ( bpbatam.go.id)
Healing sejenak dengan melihat laut lepas dan birunya langit di Jembatan Barelang, salah satu wisata di Kota Batam yang murah meriah ( bpbatam.go.id)
 
Koranmemo.com- Saat berkunjung ke Batam, salah satu lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Jembatan Barelang.
 
Jembatan Barelang sendiri nama untuk  jejeran enam jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
 
Memiliki total panjang sekitar 1,2 kilometer, pembangunan Jembatan Barelang yang diprakarsai oleh BJ Habibie ini menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit di Batam.
 
Banyak penduduk lokal maupun wisatawan mancanegara yang datang ke Jembatan Barelang untuk menikmati pemandangan laut dan keindahan arsitekturnya. 
 
 
Untuk memasuki kawasan jembatan kamu tidak perlu menggunakan tiket masuk alias gratis. Kamu dapat sekedar berhenti sejenak tanpa harus membayar apapun. 
 
Dari pusat Kota Batam atau Batam Centre, perjalanan yang ditempuh hanya sekitar 45 menit. Dari Bandara Hang Nadim, jarak yang ditempuh sekitar 30 menit. 
 
Moda transportasi yang bisa digunakan adalah kendaraan bermotor, mobil, bahkan sepeda karena akses menuju tempat ini sangat mudah dan cukup aman. 
 
Jembatan yang dibangun selama enam tahun sejak 1992 ini memiliki ukuran yang sangat besar dan bentuk yang megah.
 
 
Tiang jembatan yang membumbung tinggi dan berjejer membuat penampakannya sangat indah. Sekilas, jembatan ini sangat mirip dengan The Golden Gate Bridge yang ada di San Francisco.
 
Keenam jembatan yang berjejer tersebut memiliki masing-masing nama yang diambil dari kesultanan Riau di masa lampau.
 
Nama masing-masing jembatan adalah Tengku Fisabilillah, Nara Singa, Raja Ali Haji, Sultan Zainal Abidin, Tuanku Tambusi dan Raja Kecik.
 
Masing-masing jembatan memiliki lebar dan panjang yang berbeda-beda dengan jembatan terpanjang adalah Tengku Fisabililla, 642 meter dan jembatan terpendek adalah Raja Kecik, 180 meter. 
 
 
Adapun pulau-pulau yang dihubungkan adalah Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setoko, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.
 
Masing-masing pulau tersebut memiliki banyak lokasi wisata seperti lepas pantai yang bisa dikunjungi sambil melewati jejeran jembatan ini.
 
Masing-masing jembatan memiliki fasilitas trotoar yang lebar dan tinggi sehingga pengunjung aman dari kendaraan yang melintas.
 
Pengunjung dapat sekedar berfoto-foto atau menikmati pemandangan laut lepas berwarna biru dan hijau pulau-pulau kecil disekitarnya.
 
 
Terdapat banyak pedagang yang menjual makanan kecil secara berkeliling. Kamu bisa menikmati cemilan peyek udang, rujak buah lokal, berbagai macam sate seafood, manisan, dan lainnya.
 
Di sekitar jembatan juga terdapat banyak restoran pinggir laut yang menyediakan menu seafood dan makanan lainnya.
 
Setelah mengetahui lokasi wisata ini, jangan lupa berkunjung, ya.***
 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X