2 Gereja di Kediri Jadi Wisata Religi, Salah Satunya Gereja Puhsarang, Jadi Pusat Perayaan Hari Natal

- Selasa, 6 Desember 2022 | 09:30 WIB
2 Gereja di Kediri Jadi Wisata Religi, Salah Satunya Gereja Puhsarang, Jadi Pusat Perayaan Hari Natal (instagram/@Andriyawanwahyu)
2 Gereja di Kediri Jadi Wisata Religi, Salah Satunya Gereja Puhsarang, Jadi Pusat Perayaan Hari Natal (instagram/@Andriyawanwahyu)

koranmemo.com - Selain memiliki ragam destinasi wisata alam dan buatan Kediri juga merupakan daerah yang mempunyai destinasi wisata religi. Salah satunya adalah gereja Puhsarang yang berarsitektur eropa. Gereja ini sangat ramai saat perayaan hari natal.

Dihimpun dari berbagai sumber, disebutkan usia Gereja Puhsarang cukup tua, dibangun sejak 1936. Di gereja lama tersebut terdapat miniatur Goa Maria Lourdes yang ada di Perancis.

Sampai saat ini Gereja tersebut masih digunakan beribadah. Pada akhir pekan dan perayaan natal serta hari besar umat Katolik dan Kristen Goa Maria Lourdes ramai dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Kue Semprit Pelangi, Suguhan Hari Raya Natal yang Disukai Anak Anak, Ini Resepnya

Gereja Puhsarang sudah lama menjadi populer sebagai tempat berkunjungnya para wisatawan. Bukan hanya tentang sejarah religi, lokasinya juga memiliki banyak spot foto keren yang instagramable.


Terutama saat perayaan hari besar keagamaan, seperti hari raya natal, wisata religi di Kediri ini dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai daerah bahkan dari luar Jawa. Termasuk juga wisatawan asing tidak jarang bisa kita jumpai.

Masuk area wisata religi ini, tiketnya gratis. Namun ketika anda berkunjung ke Gereja Pohsarang menggunakan kendaraan, ada biaya tambahan retribusi parkir kendaraan. Operasional wisata Gereja Puhsarang sendiri buka setiap hari dari jam 08.00 – 18.00 WIB.

Baca Juga: Es Legendaris di Malang: Es Taloen Sudah Berdiri Sejak Tahun 1950, Wajib Coba!

Selain gereja Puhsarang, juga ada  gereja yang bernilai historis religi di Kota Kediri namanya Gereja Merah.  Bangunannya merupakan peninggalan kolonial Belanda. Terletak di Jalan KDP Slamet Kota Kediri. Gereja merah berdiri sejak 1904, dan merupakan gereja tertua di karesidenan Kediri.

Gereja merah dirancang oleh J.A. Broers yang sekaligus merupakan pendeta pada masa itu. Gereja ini diserahkan kepada GPIB jemaat Immanuel di Kota Kediri sejak tahun 1948.

Halaman:

Editor: Ulul Hadiyin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X