• Rabu, 8 Desember 2021

Tetap Patuh Prokes Kapasitas Pengunjung 50 Persen, Kawasan Wisata Kabupaten Trenggalek Telah Buka

- Senin, 15 Maret 2021 | 16:57 WIB
Tetap Patuh Prokes Kapasitas Pengunjung 50 Persen, Kawasan Wisata Kabupaten Trenggalek Telah Buka
Tetap Patuh Prokes Kapasitas Pengunjung 50 Persen, Kawasan Wisata Kabupaten Trenggalek Telah Buka

Trenggalek, koranmemo.com - Seluruh Destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek telah dibuka, dengan menerapkan protokol kesehatan cukup ketat. Setiap destinasi hanya diperbolehkan 50 persen pengunjung, jika ada kelebihan maka akan diarahkan ke destinasi lainnya. Untuk memantau kapasitasnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek menyiapkan data pada setiap pos tiket masuk.


Sunyoto Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek menjelaskan, pembukaan destinasi wisata telah ditetapkan lewat Surat Edaran (SE) Bupati Trenggalek yang ditandatangani 9 Maret 2021.


“Pembukaan ini meliputi seluruh destinasi. Dengan catatan, menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” jelasnya, Minggu (14/3) saat berkunjung di pantai pasir putih


Sunyoto menuturkan, ada beberapa persyaratan yang harus dipatuhi. Yakni, salah satu protokol kesehatan yang ditekankan, berupa pembatasan jumlah wisatawan 50 persen dari kapasitas.Dinas telah mendata seluruh tempat wisata dan memperkirakan jumlah maksimal pengunjung yang boleh masuk di waktu yang bersamaan.


"Jumlah pengunjung hanya boleh separuh kapasitas dari jumlah normal," tuturnya


Sebagai contoh, Pantai Pasih Putih Karanggongso di Kecamatan Watulimo memiliki jumlah kapasitas maksimal 4.000 orang. Dengan aturan itu, jumlah pengunjung yang boleh masuk hanya 2.000 orang dalam waktu yang bersamaan. Contoh lain Pantai Pelang di Kecamatan Panggul kini dibatasi jumlah pengunjungnya hanya 2.500 orang dari total kapasitas 5.000 orang.


“Kami punya tim khusus untuk mengecek ketaatan para pengelola tentang pembatasan jumlah pengunjung ini. Tim akan turun ke lokasi wisata, terutama saat akhir pekan Sabtu dan Minggu. Sebab di hari itu ada kemungkinan pengunjung akan membludak,” ujarnya


Saat pengunjung satu tempat wisata melebihi kapasitas yang ditetapkan, petugas akan mengarahkan wisatawan yang baru datang untuk berkunjung ke destinasi lain yang berdekatan dengan lokasi wisata tujuan.


“Kalau ada yang melanggar aturan, akan kami semprit,” terangnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Terkini

Pacu Andrenalin Lintasan Klemuk Bike Park

Minggu, 5 Desember 2021 | 14:08 WIB

8 Rekomendasi Wisata Alam di Cilacap

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 11:49 WIB

Wisata Bali Bangkit di Tengah Pandemi COVID-19

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Musala Berbentuk Menara Kudus di Nganjuk

Jumat, 4 Juni 2021 | 07:00 WIB

Wisata Air Perahu Mronjo Menunggu Dikembangkan

Kamis, 25 Maret 2021 | 22:00 WIB

Wisata Bendung Gerak Waruturi Kediri Kembali Dibuka

Minggu, 21 Maret 2021 | 11:23 WIB

Water Park dan Theme Park Suncity Segera Dibuka

Minggu, 14 Maret 2021 | 16:44 WIB
X