• Rabu, 8 Desember 2021

Batalyon Kavaleri 8 Kostrad Beji Kabupaten Pasuruan Buka Wisata Militer Gratis

- Senin, 5 April 2021 | 18:16 WIB
Batalyon Kavaleri 8 Kostrad Beji Kabupaten Pasuruan Buka Wisata Militer Gratis
Batalyon Kavaleri 8 Kostrad Beji Kabupaten Pasuruan Buka Wisata Militer Gratis

Pasuruan, koranmemo.com - Kabupaten Pasuruan kini telah memiliki tempat wisata baru di Kecamatan Beji. Wahana Wisata ini di nilai lain daripada yang lain di antara beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Pasuruan, yakni Wisata Ranpur atau Wisata Kendaraan Tempur.


Wisata yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa Patriotisme dan nasionalisme serta kecintaan Masyarakat terhadap TNI terletak di (Batalyon Kavaleri) Yonkav 8 Tank Kostrad Beji, Kabupaten Pasuruan.


Wisata Ranpur ini hanya dibuka pada setiap hari Sabtu dan diperuntukkan bagi seluruh lapisan masyarakat yang ingin melihat kendaraan-kendaraan tempur apa saja yang dimiliki oleh kesatuan yang berjuluk “Narasinga Wiratama” ini.


Komandan Batalyon Kavaleri 8 Kostrad, Letkol Kav Suharto mengatakan, Wisata Ranpur ini bisa menjadi alternatif wisata di tengah Pandemi Covid-19. Selain menggali pengetahuan tentang Kendaraan Bertempur yang dimiliki oleh TNI ini juga terbilang menyehatkan lantaran dilakukan di ruangan terbuka, dirinya juga menjelaskan bahwa untuk masuk Wisata Ranpur ini juga tidak dikenai biaya apapun alias gratis.


“Wisata ini gratis tis tis. Jadi silahkan siapapun boleh datang hari sabtu pagi, Bawa keluarga, teman, dan siapa saja untuk mengenal semua alat tempur yang kita punyai,” kata Suharto, saat ditemui di Yonkav Senin (5/4).


Menurut Letkol Suharto Selama berwisata, para pengunjung akan diperlihatkan seluruh ranpur yang dimiliki oleh Yonkav 8 Kostrad, dirinya juga menerangkan bahwa ada 61 kendaraan tempur yang dimiliki Yonkav 8 Kostrad dan bisa dilihat bahkan dinaiki, Ranpur tersebut diantaranya Seperti Leopard, Marder, AEV, ARV, AVLB.


“Kita punya ranpur paling canggih yang merupakan Ranpur dari pengadaan APBN tahun 2012-2014, Total ada 70 unit kendaraan yang tersebar di 3 batalyon. Silahkan bisa dilihat dan dinaiki,” jelasnya.


Letkol Suharto menjelaskan, dibukanya wisata ranpur ini juga merupakan bagian dari upaya TNI untuk bisa semakin dekat dengan masyarakat. Utamanya menghapus stigma warga tentang TNI yang galak dan sejenisnya, dan berbalik menjadi kagum dan akhirnya tertarik untuk menjadi bagian dari TNI (Tentara Nasional Indonesia).


“Yonkav 8 ini milik kita bersama, masyarakat harus tahu tentang kendaraan tempur yang berfungsi untuk menjaga negeri ini. Bagaimana anak-anak merasa bangga dan kagum dengan seragam kita dan berkeinginanmasuk TNI,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Terkini

Pacu Andrenalin Lintasan Klemuk Bike Park

Minggu, 5 Desember 2021 | 14:08 WIB

8 Rekomendasi Wisata Alam di Cilacap

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 11:49 WIB

Wisata Bali Bangkit di Tengah Pandemi COVID-19

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Musala Berbentuk Menara Kudus di Nganjuk

Jumat, 4 Juni 2021 | 07:00 WIB

Wisata Air Perahu Mronjo Menunggu Dikembangkan

Kamis, 25 Maret 2021 | 22:00 WIB

Wisata Bendung Gerak Waruturi Kediri Kembali Dibuka

Minggu, 21 Maret 2021 | 11:23 WIB

Water Park dan Theme Park Suncity Segera Dibuka

Minggu, 14 Maret 2021 | 16:44 WIB
X